Mengenal Profil Lengkap Benua Amerika

Sudah Tahu Seperti Apa Profil Benua Amerika?


Kamu tentu sering mendengar nama Amerika bukan? Benua yang dikenal sebagai Paman Sam ini memang sangat populer sebagai pusatnya kemajuan teknologi, industri, dan terkenal pula sebagai tempatnya negeri adidaya.

Di benua inilah, terdapat Amerika Serikat yang dikatakan sebagai negara paling kuat sedunia. Entah masih berlaku hingga sekarang atau tidak, namun yang jelas pengaruh Amerika Serikat terhadap kondisi global memang masih besar.

Tapi, apakah cukup hanya sekedar mengenal bahwa Amerika itu adalah benua yang besar dan kuat? Padalah, Benua Amerika ini tidak hanya dihuni oleh Negara Amerika Serikat saja loh. Dan tentu saja, tidak semua negara di benua Amerika itu superpower.

Supaya lebih jelas dan jebih jauh mengenal profil benua Amerika, langsung saja kita simak ulasan tentang profil lengkap benua Amerika berikut ini ya.

Mengenal Profil Lengkap Benua Amerika

Letak dan Luas Wilayah Benua Amerika

Amerika merupakan benua terluas kedua di dunia setelah Asia. Luas Benua Amerika mencapai 42.188.586 km2. Letak astronomis Benua Amerika adalah pada 72oLU – 59oLS dan 163oBB – 36oBB

Bentang alam benua Amerika tersebar di beberapa bagian meliputi Amerika Uatara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Secara geografis, wilayahnya terletak antara Samudera Atlantik  Dengan Samudera Pasifik dan Antara Laut Arktik dengan Samudera Pasifik.

Batas batas Benua Amerika

1.      Sebelah utara berbatasan dengan Laut Es Utara atau Laut Arktik
2.      Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Pasifik
3.      Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Atlantik
4.      Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Pasifik

Bentang alam benua Amerika

Lebar daratan Amerika Utara dari pantai barat ke pantai timur adalah 6.500 km. Sedangkan lebar daratan Amerika Selatan adalah 5.200 km. Di daerah ini terdapat 2 tanah genting, yakni tanah Genting Tehuantepec dan Panama yang lebarnya 45 km.

Panjang Benua Amerika dari utara ke selatan adalah 18.000 km dari tanjung Murchison (72oLU) sampai Semenanjung Horn (59oLS). Di wilayah bagian barat benua Amerika membujur pegunungan tinggi dari utara ke selatan. Pegunungan tinggi ini muncul akibat pengangkatan dan pelipatan pada zaman tersier.

Gunung tertinggi di benua Amerika antara lain ada gunung Aconcagua (6.960 m) yang terletak di perbatasan antara Chili dan argentina. Ada juga gunung Mc. Kinley (6.198 m) di Amerika Utara.

Di wilayah Amerika Utara terdapat pegunungan Rocky dan pegunungan Sierra Madre Occidental di Meksiko. Pegunungan tinggi utama di Amerika Selatan, yaitu Cordilleras De Los Andes serta pegunungan Appalachia di pantai timur.

Gugusan pegunungan tinggi Amerika tergabung dalam gugusan utama Sirkum Pasifik. Gunung gunung api di daerah ini termasuk kategori aktif. Hal ini dapat dilihat dari sering terjadinya gempa tektonik yang dahsyat. Gempa ini terutama sering terjadi di deretan pegunungan Andes yang sering menimbulkan bencana hebat bagi negara Peru, Chili, Bolivia, dan Argentina.

Dataran rendah di Amerika Utara maupun di Amerika Selatan terhampar di bagian tengah. Dataran rendah Amerika bagian utara membentang luas mulai dari dataran rendah Mississippi sampai ke pesisir Kanada bagian utara dan Labrador. Dataran rendah di Amerika Selatan terletak di jalur aliran sungai Amazon dan Sungai Parana (Argentina).

Di amerika banyak terdapat danau danau glacial besar dan kecil. Danau -danau tersebut seperti danau Superior atau danau atas (terbesar), danau Michigan, danau Huron, danau Ontario, danau Erie (di Amerika Serikat), danau Winnipeg, danau Budak Besar, danau Beruang Besar, dan danau Manitoba (di Kanada).

Selain itu, bentang alam benua Amerika juga dipenuhi dengan danau danau tektonik, misalnya danau titikaka (danau Titicaca) dan danau Salar de Uyuni (di Amerika Serikat). Di Amerika Serikat terdapat daerah depresi yang luas, yaitu Nevada basin yang sebagian besar berupa gurun pasir.

Amerika pun mempunya sungai -sungai yang sangat besar. Sungai sungai besar di benua Amerika antara lain sebagai berikut:
1.      Sungai Amazon (6.300 km). Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang di benua Amerika sekaligus sebagai sungai terpanjang di dunia setelah sungai nil (6.690 km) di mesir.
2.      Sungai Mackenzie di kanada (Baca juga: Profil Negara Kanada).
3.      Sungai Yakon di Alaska.
4.      Sungai Parana dan sungai Sao Francisco di Amerika Serikat.

Iklim Benua Amerika

Iklim di benua Amerika terbilang bervariasi. Akan tetapi, masih ada iklim dominan di masing -masing wilayahnya. Berikut adalah iklim benua Amerika meliputi beberapa wilayah :
1.      Iklim subartik terdapat di Alaska dan Kanada bagian utara.
2.      Iklim darat terdapat di sekitar Danau Danau Besar.
3.      Iklim tropic di Brazil (Baca juga: Profil Brazil Negara Terbesar di Amerika Selatan).
4.      Iklim subtropik terdapat di sekitar Tanjung Kennedy, Dataran Rendah Mississippi, dan dataran rendah sungai Parana.
5.      Iklim semi gurun dan iklim gurun terdapat di Nevada Basin, gurun Atacama (Chili Barat), dan gurun Patagonia (Argentina Selatan).
6.      Iklim laut di sepanjang pesisir Samudera Pasifik terutama di pantai Chili bagian barat, Alaska Selatan, dan Kanada bagian barat.
7.      Iklim pegunungan di sepanjang pegunungan Andes tengah dan Sierra Madre Occidental.

Flora dan fauna di benua Amerika


Jenis flora di benua Amerika cukup beragam. Flora yang paling dominan di Amerika meliputi karet, kentang, kina, tembakau, dan jagung. Sementara fauna asli Amerika Utara adalah bison, sedangkan di Amerika Selatan fauna aslinya adalah adalah Lama.