Profil Negara Brasil Lengkap – Negara Terbesar di Amerika Selatan

Mengenal Profil Lengkap Brasil


Pernah mendengar nama negara Brasil? Ya, inilah negara yang sempat populer karena digunakan sebagai tempat syuting film box office fast & furious yang dibintangi oleh Paul Walker (alm). Brasil tak hanya terkenal akan hal itu, negara ini pun dikenal sebagai negara terbesar di wilayah Amerika Selatan.

Kenapa terbesar? Karena Brasil mempunyai jumlah penduduk yang paling banyak, sekaligus wilayah yang paling luas. Lantas, seperti apa kira-kira profil negara Brasil ini? Yuk kita cari tahu lebih dalam tentang profil Negara Brasil lengkap.

Profil Negara Brasil Lengkap

Nama resmi negara Brasil
Republica Federativa do Brazil

Ibu kota negara Brasil
Brazilia city

Hari Kemerdekaan
Deklarasi kemerdekaan : 7 September 1822
Kemerdekaannya diakui pada : 29 Agustus 1825
Hari Republik : 15 November 1889

Lagu Kebangsaan
Ouviram do Ypiranga as Margens Placidas (Dengarlah Tangisnya Iparanga)

Semboyan Negara Brasil
Ordem e Progresso (Orde dan Kemajuan)

Luas wilayah
Luas negara Brasil adalah 8.511.965 km2, luasan ini membuat Brazil menjadi negara yang terluas di Amerika Selatan.

Batas wilayah
Batas batas wilayah Brazil adalah sebagai berikut:
  1. Sebelah utara berbatasan dengan Venezuela, Guyana Inggris, Guyana Belanda (Suriname), Guyana Perancis, Samudera Atlantik dan Kolombia
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Uruguay, Paraguay, dan Argentina.
  3. Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Kolombia.
  4. Sebelah barat berbatasan dengan Bolivia dan Peru.

Bentang Alam
Brazil adalah negara terluas di Amerika Selatan (Baca juga: Profil Benua Amerika). Wilayahnya di dominasi oleh dua penampakan utama, yakni Sungai Amazon dengan basin/ cekungan tanah rendah seluas 4.000.000 km2 dan tanah tinggi bagian tengah, yakni berupa sebuah plato yang naik ke arah selatan.

Bagian tengah terdiri atas dataran tinggi dan plato dengan ketinggian 300 – 500 m. Ke arah timur, maka akan terdapat lereng curam yang terus menerus mengalami penurunan sehingga membentuk dataran sempit di sepanjang Pantai Atlantik.

Brasil juga memiliki puncak gunung tertinggi yang bernama Gunung Nebila (3.014 m) yang terletak di perbatasan Venezuela.

Brasil juga menjadi tempat bagi Sungai Amazon yang merupakan sungai yang penting dan terbesar di dunia. Sungai ini mempunyai banyak cabang. Mata airnya berasal dari Pegunungan Cordilleras De Los Andes yang bermuara ke Samudera Atlantik.

Cabang Sungai Amazon antara lain adalah Sungai Negro, Sungai Kapura, Sungai Purus, Sungai Madeira, Sungai Tapajos, Sungai Iriri, dan Sungai Xingu. Sungai Amazon adalah sungai yang begitu besar sehingga dapat dilayari kapal laut sejauh 3.885 km.

Pada Sungai Amazon pedalaman terdapat Kota Mandus yang merupakan kota pelabuhan khusus untuk mengekspor karet alam (para) ke pelabuhan Balem. Sungai lainnya adalah sungai Tocantin dan sungai San Francisco yang mengalir melalui dataran tinggi Brazil.

Sungai ini bermuara ke samudera Atlantik. Kedua sungai ini sangatlah panjang sehingga dapat di layari kapal laut sampai sejauh 277 km dari pantai.

Iklim
Brazil bagian utara memiliki iklim tropik yang membuat Brasil dijatuhi hujan naik puncak ( hujan zenithal). Wilayah ini dapat mencapai suhu terendah hingga 19oC terutama di kota Sao Paulo dan Belo Horizonte.

Kota kota di pantai seperti Rio de Janeiro, Recife, dan Salvador cenderung dipengaruhi oleh angin musim. Sementara Brasil di bagian selatan beriklim subtropis.

Pada musim dingin, suhu di daerah ini dapat turun sampai di bawah dinginnya es. Walaupun daerahnya panas, namun berdasarkan pengalaman suhunya tidak dapat lebih dari 32oC. Dalam kenyataannya, suhu rata rata tahunan daerah pegunungan di Amazon sekitar 22oC – 26oC.

Daerah pegunungan ini pun memiliki sangat sedikit variasi musim di antara bulan - bulan panas dan dingin. Bagian terpanas dari brazil adalah daerah timur laut dan selama musim kering antara bulan mei dan November suhunya lebih dari 38oC.

Daerah timur laut mempunyai lebih banyak variasi musim sepanjang pantai atlantik dari Recife ke Rio de Janeiro. Tempat-tempat ini memiliki suhu rata – rata 23oC – 27oC. Di dataran yang lebih tinggi, suhunya lebih rendah, yakni berkisar dari 18oC – 21oC.

Sedangkan di selatan Rio de Janeiro, musim perlu diperhatikan, dan di daerah ini suhu rata – rata tahunan lebih besar. Di bagian pedalaman memiliki suhu rata – rata antara 17oC – 19oC.

Curah hujan terbanyak di Brazil terdapat di sekitar muara Sungai Amazon, dekat Kota Balem, yaitu lebih dari 2.000 mm/ tahun. Daerah penting lainnya yang memiliki curah hujan tinggi adalah di daerah sepanjang tepi jurang besar di Sao Paulo.

Curah hujan sedang antara 1.000 – 1.500 mm/ tahun biasanya terjadi pada bulan Desember hingga April. Brasil memiliki musim dingin yang cenderung kering. Bagian terkering adalah daerah timur laut.

Daerah timur laut Brasil ini juga disebut polygon of drought yang meliputi 10% dari daerah ini. Curah hujan di tempat ini tidak tergantung pada penguapan dan rata – ratanya pun sangat tinggi. kondisi ini lah yang cukup menyulitkan bagi peningkatan hasil panen.

Flora
Di lembah Amazon dan tempat-tempat di sepanjang pantai Atlantik, di mana curah hujannya cukup tinggi, banyak ditumbuhi hutan hujan tropic (selvas). Hutan hujan tropis banyak memiliki pohon-pohon berdaun lebar yang tumbuh dengan rimbun. Hutan-hujan tropis di sini terbentuk dari beragam spesies.

Di dataran rendah dan dataran tinggi pantai timur, curah hujannya sangat sedikit dan musim keringnya sangat kering. Karenanya, pohon- pohon di sini umumnya lebih kecil dari hutan hujan tropic dan daun-daunnya akan berguguran di musim kering.\

Di wilayah timur laut Semiarid dikuasai oleh semak belukar kering. Bagian terbesar dari wilayah tengah Brazil tertutup oleh sabana tropic yang dikenal dengan nama champos (ilanos).

Di bagian selatan terdapat hutan berdaun jarum dan padang rumput. Ada pula tanah rawa Mato Grosso (Pantanal Mato-grossense) yang merupakan sebuah dataran dengan luasnya  mencapai 230.000 km2. Di bagian baratnya, tertutup oleh rumput- rumput tinggi, rumput- rumput rendah, dan pohon- pohon yang menyebar. Selama musim hujan, pepohonan tersebut menghilang.

Fauna
Di Brazil terdapat sekitar 600 spesies yang meliputi bermacam- macam keluarga kucing. Ada jaguar dan jenis kucing- kucing lain yang lebih kecil seperti puma, jaguar undi, dan ocelat. Di sini juga terdapat aneka hewan memamah biak, seperti sloth, antenter, tapir, armandillo, dolphin laut, capybaras (binatang menggerit di air yang berukuran besar, ada yang beratnya mencapai 66kg), serta 30 jenis spesies kera.

Brazil juga mempunyai banyak jenis burung. Ada pula hingga 40 spesies kura kura, 331 spesies ampibi, 120 kadal, 230 ular, 5 spesies buaya, dan 1.500 spesies ikan air tawar.

Ahli ilmuwan hewan bahkan mempunyai daftar lebih dari 100.000 invertebrata (binatang yang tidak bertulang belakang) yang hidup di Brazil serta 70.000 jenis serangga.

Kalau dihitung, Hutan Amazon memang merupakan satu- satunya hutan di dunia yang menyimpan banyak sekali organisme biologi. Tidak satu pun mengetahui berapa banyak spesies yang terdapat di hutan Amazon.

Akan tetapi, penyelidik memeperkirakan antara 800.000 sampai 5 juta spesies tinggal di sini. Berdasarkan catatan ahli ilmu alam, mungkin juga terdapat hingga 3.000 macam ikan di sungai Amazon dan danau danau.

Di antara seluk beluk ikan yang ditemukan di daerah ini, pirarucu merupakan ikan air tawar terbesar di dunia dengan ukuran panjang lebih dari 2 meter dan beratnya 125 kg. Jenis ikan lainnya adalah tambaqui dan piranha.