Profil Negara Perancis

Mengenal Lebih Dekat Profil Negara Perancis

            Perancis memiliki nama resmi Republique Francaise. Negara yang menjadi pusat mode dunia ini beribu kota di Paris. Paris juga merupakan kota cahaya karena menyerupai lampu besar yang sinarnya sampai hingga batas luar kota. Salah satu bagian kota Paris yang terkenal adalah Place de la Concorde. Di kota tersebut terdapat lapangan luas dengan air mancur dan patung patung yang menggambarkan 8 kota di Perancis.

Bentuk Negara
            Kepala negara Perancis adalah presiden dengan masa jabatan 7 tahun. Parlemen Perancis terdiri atas Majelis Nasional dan Senat. Sedangkan pemerintahan Perancis terbagi atas 96 departemen yang dikepalai oleh Prefect. Setiap departemen yang ada dibagi atas distrik (arrondissement), canton (wilayah), dan komune.
Profil Negara Perancis

Letak dan Luas Wilayah
            Perancis merupakan negara terbesar keempat di Eropa dengan luas 557.670 km2. Letak astronomis perancis pada 42o LU – 51o LU dan 5o BB – 8o BT. Perancis sendiri berada di Eropa Barat.

Batas Wilayah
  • Bagian utara berbatasan dengan selat Channel, Belgia dan Luksemburg.
  • Bagian barat berbatasan dengan teluk Biscaye.
  • Bagian selatan berbatasan dengan Spanyol, Andorra, dan Laut Tengah.
  • Bagian timur berbatasan dengan Jerman, Swiss, dan Italia.

Bentang Alam
            Setengah dari dataran Perancis berada di bawah ketinggian 250 m di atas permukaan laut. Wilayah ini terletak diantara  Pegunungan Armorika di Semenanjung Normandia dan Bretagne dengan pegunungan dan tanah tinggi di bagian timur. Bentang alam wilayah Perancis dapat dibedakan menjadi beberapa bagian :
  • Lembah Sungai Rhone dan pantai Laut Tengah
  • Tanah tinggi purba yang meliputi Pegunungan Vosges, Ardenes, Tanah Tinggi Armorika dan Pegunungan Cevenes
  • Dataran rendah yang meliputi lembah Paris  yang memanjang dari utara ke selatan. Sedangkan di bagian barat daya terdapat dataran rendah Guyene dan daerah pasir Landes
  • Lipatan pegunungan muda yang merupakan perbatasan Perancis di barat daya dan tenggara meliputi Pegunungan Pyrenes, Alpen, dan Pegunungan Jura. Di kawasan ini terdapat puncak Mont Blanck yang memiliki tinggi 4.870 m. Dimana Mont Blanck merupakan puncak tertinggi di Eropa Barat dan Gunung Cret de la Neige dengan tinggi 1.723 m.

Perancis memiliki sungai – sungai utama yakni Sungai Seine, Sungai Loire, Sungai Garonne, Sungai Marne, Sungai Yonne, dan Sungai Oise. Sungai Rhein merupakan sungai yang hanya melewati Perancis dan Jerman. Sedangkan Sungai Rhone merupakan sungai yang bermuara ke Laut Tengah.

            Daerah vegetasi Perancis dibagi menjadi dua bagian. Di daerah utara dan tengah terdapat beech (fagus silvatica) dan di daerah Mediterania terdapat tanaman semak yang tahan keadaan kering, antara lain maquis, myrtle, zaitun liar, dan lavender. Tumbuhan berpohon, seperti ek, gabus, dan larch tersebar di Pegunungan Alpen dan daerah utara, sedangkan hutan konifera terdapat di Landes.

Iklim
Perancis memiliki iklim lunak dimana hampir semua daerah mengalami pengaruh samudera karena dataran tinggi. Adanya perbedaan daerah region membuat terjadinya variasi iklim. Secara umum Perancis mempunyai tipe iklim laut sedang dengan curah hujan rata – rata 508 – 127 mm per tahun. Sedangkan temperatur rata – rata 8o – 9o C di Lille, 1o C di Nico, dan 19o C di Strasbourg per tahunnya. Sekitar 60 % wilayah Perancis Beku selama 80 hari pada tiap tahunnya.

Iklim Perancis secara rinci dapat dibagi menjadi beberapa bagian :

  • Iklim peralihan yang meliputi wilayah Tanah Tinggi Tengah, Vosges, Pegunungan Jura, dan Pegunungan Alpen. Saat musim dingin terjadi turun hujan salju.
  • Iklim Mediterania yang terdapat di pantai Laut Tengah. Daerah tersebut mengalami musim panas yang kering dengan termperatur udara yang tinggi dan musim dingin yang lembab.
  • Iklim laut yang meliputi wilayah bagian barat dan utara. Kawasan tersebut berada pada pengaruh Laut Atlantik, dimana makin ke timur curah hujan makin rendah.
  • Tipe iklim di daerah bayangan hujan yang meliputi Sungai Rhone dan Sungai Saone. Dimana pada musim dingin bertiup angin mistral, dari puncak Alpen ke Laut Tengah. Hal tersebut membuat hujan sangat sedikit. Angin mistral memiliki sifat dingin dan kering, berhembus dengan kecepatan tinggi pada musim salju.