Profil Negara Amerika Serikat

Pembahasan sebelumnya memberikan pemaparan tentang negara Kamboja. Negara yang Phnom Penh ini dijabat oleh perdana menteri untuk kepala pemerintahannya dan raja untuk kepala negaranya. Penduduk di negara Kamboja mengandalkan pada sektor pertanian, meskipun dengan lahan yang masih tergolong sedikit.

Profil Negara Amerika Serikat

Lebih lanjut, pembahasan akan diarahkan menuju ke negara yang berasal dari benua lain yang ada di dunia, yaitu benua Amerika. Di benua ini terdapat negara Amerika Serikat. Negara yang dijuluki sebagai negara adikuasa ini disebabkan karena kemampuan untuk mendominasi secara kuat terhadap negara – negara yang lain. Negara ini bahkan memiliki 50 negara bagian. Untuk mengetahui lebih jauh tentang ini, sebaiknya mari kita mengenal negara Amerika Serikat.

Gambaran Umum Negara Amerika Serikat

Negara Amerika Serikat ini memberikan kebebasan bagi negara bagian untuk mengurus rumah tangga sendiri. Hal tersebut berarti untuk mengurus kondisi negara masing- masing, seperti pengelolaan sumber daya alamnya dan sumber daya manusianya. Negara ini beribu kota di Washington.
Kemudian, bagaimana letak negara Amerika Serikat?

Letak Negara Amerika Serikat

Negara Amerika Serikat ini memiliki luas wilayah kurang lebih 9.826.630 km2.  Secara astronomi, negara ini terletak pada garis lintang antara 250 Lintang Utara sampai 490 Lintang Selatan dan pada garis bujur antara 660 Bujur Barat sampai 1250 Bujur Barat.

Secara geografis, negara Amerika Serikat ini memiliki batas – batas wilayah sebagai berikut. Sebelah utara, negara Amerika Serikat berbatasan dengan Kanada dan Laut Es Utara. Sebelah timur, negara Amerika Serikat berbatasan dengan Samudra Atlantik. Kemudian, sebelah selatan negara Amerika Serikat berbatasan dengan Meksiko dan Teluk Meksiko dan sebelah barat, negara Amerika Serikat berbatasan dengan Samudra Pasifik.
Dengan letak wilayah yang demikian, bagaimana kondisi bentangan alam di negara Amerika Serikat?


Bentang Alam Negara Amerika Serikat

Bentangan alam yang terdapat di Negara Amerika Serikat, yaitu
Wilayah pantai yang terdiri dari daerah pantai barat di sepanjang Samudra Pasifik, pantai timur di sepanjang Samudra Atlantik, dan pada bagian selatan yang mengelilingi pantai Teluk Meksiko.

Pada bagian timur dari wilayah pantai pasifik terdapat jalur pegunungan pantai barat. Pegunungan tersebut yaitu pegunungan Rocky yang memiliki puncak tertinggi yaitu gunung Elbert dengan ketinggian 4.339 meter di atas permukaan air laut. Gunung ini terletak di Colorado. Kemudian, gunung lain yang terdapat di wilayah pegunungan ini yaitu gunung Mc.Kinley di Alaska yang memiliki ketinggian 6.194 meter di atas permukaan air laut.

Kemudian, pegunungan Cascade yang terdiri dari pegunungan Rainier, pegunungan Adams, dan pegunungan Hood dan pegunungan Whitney. Dan terkahir pegunungan Sierra Nevada.

Lebih lanjut, negara Amerika Serikat juga memiliki pegunungan tua yang terletak di bagian timur. Wilayah ini merupakan jalur pegunungan Appalachia yang berbatasan dengan wilayah pantai Atlantik.

Selain pegunungan, negara Amerika Serikat juga memiliki dataran rendah, yaitu dataran rendah tengah dan dataran rendah di bagian tenggara. Kemudian, terdapat juga dataran tinggi yang membentang dari utara menuju selatan, mulai dari batas negara Kanada sampai batas negara Meksiko.

Dengan kondisi alam yang demikian, bagaimana kegiatan perekonomian penduduk di negara Amerika Serikat?


Kegiatan Ekonomi Negara Amerika Serikat


Pada bidang pertanian di negara Amerika Serikat tergolong maju karena ditunjang dengan teknologi yang canggih, pengolahan yang intensif, dan kerja keras dari petani. Sistem pertanian yang digunakan yaitu monokultur. Hasil pertaniannya yaitu gandum, jagung, kapas, tembakau, buah – buahan, dan sayuran.

Pada bidang peternakan, negara ini membudidayakan sapi perah yang dapat dijumpai di New England, Iowa, Missouri, dan Nebraska. Jenis peternakan yang lain yaitu kuda, babi, dan biri – biri. Peternakan kuda dapat dijumpai di padang rumput sekitar Texas.

Pada bidang pertambangan, mampu menghasilkan minyak bumi, bijih besi, dan batu bara. Kemudian, pada bidang industri, negara Amerika Serikat tergolong maju untuk kegiatan industri. Hasil industrinya berupa mobil, pesawat terbang, pabrik baja, mesin – mesin, elektronik, bahan makanan, produk kimia, pesawat telekomunikasi, dan industri teknologi tinggi.

Pada bidang pariwisata, negara Amerika Serikat memiliki objek pariwisata yang terkenal yaitu Yellowstone National Park, Grand Canyon, The Great Salt Lake, dan pusat industri perfilman di Hollywood.

Demikian kondisi ekonomi yang dimiliki oleh negara Amerika Serikat dan gambaran umum dari negara ini. Semoga artikel ini dapat membantumu untuk memahami tentang negara Amerika Serikat.

sumber:
Khosim, A dan Lubis, K.M. 2006. Geografi untuk SMA/ MA Kelas XII. Jakarta: Grasindo.