Profil Negara Kanada


1. Bentuk Negara

Kanada merupakan negara republik federal. Ratu Inggris adalah kepala negara, yang diwakili oleh gubernur jenderal yang diangkat oleh Kanada. Sedangkan untuk kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Perdana menteri dan anggota cabinet dipilih setiap 5 tahun sekali.

2. Letak dan Luas Wilayah

Secara geografis Kanada berada antara Samudera Artik dengan Amerika Serikat dan antara Samudera Pasifik serta Alaska dengan Samudera Atlantik. Luas Kanada adalah 9.922.330 km2.

3. Batas Wilayah

a. Sebelah utara berbatasan dengan Samudera Arktik
b. Sebelah selatan berbatasan dengan Amerika Selatan
c. Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Greenland
d. Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Pasifik Utara dan Alaska

4. Bentang Alam

Bagian barat dan timur Kanada merupakan daerah pegunungan. Sedangkan, bagian tengah Kanada terdiri atas daerah danau Teluk Hudson. Di pegunungan bagian timur terdapat Pegunungan Torngat, Pegunungan Appalachia, dan Plateau Laurentia. Sedangkan di bagian barat, terdapat Pegunungan Rocky, Coast, dan Pegunungan Mackenzie. Bagian utara terdapat Gunung St. Elias. Terdapat pula Pegunungan Mount Logan (6.050 m) yang merupakan pegunungan tertinggi di Yukon Territories. Sedangkan di pantai barat banyak terdapat fyord.

Danau – danau utama di Kanada, sebagai berikut :
a. Northwest Territories Great Bear Lake yang memiliki luas 31.326 km2, merupakan danau terbesar di Kanada.
b. Danau Huron, Danau Superior, Danau Great Slave, Danau Winnipeg, Danau Erie, dan Danau Ontario.

Sedangkan sungai – sungai utamanya sebagai berikut :
a. Sungai St. Lawrence memiliki panjang 1.287 km. Sungai dapat dilayari kapal dari Samudera Atlantik ke daerah danau besar.
b. Terdapat pula sungai lain, yakni Sungai Yukon, Sungai Nelson, Sungai Columbia, Sungai Saskatchewan, Sungai Peace, dan Sungai Chruchill dimana sebagaian besar sungai, mengalir ke Amerika Serikat.
c. Sedang sungai terpanjang di Northwest Territory adalah Sungai Mackenzie dengan panjang 4.241 km.
d. Dataran luas terdapat di Manitoba, Alberta, dan Saskatchewan. Dimana daerah – daerah tersebut berada di Kanada bagian tengah.

5. Iklim

Kanada memiliki empat iklim yakni :
a. Iklim laut terdapat di sepanjang pantai Samudera Pasifik dan daerah pantai yang sempit di Kanada Barat.
b. Iklim subarktik yang terdapat di Kanada bagian tengah.
c. Iklim tundra dapat dijumpai di pantai utara Kanada. Lokasi ini memiliki musim dingin yang lama. Terdapat pula es abadi yakni di Kutub Utara pada 70o LU.
d. Iklim continental dengan musim dingin yang lama, juga musim panasnya yang singkat dan sangat panas terdapat di Pegunungan Rock di Pedalaman Kana Selatan.
e. Iklim subarktik terdapat di Kanada bagian tengah.

Pada sebagian besar wilayah Kanada, khususnya daerah yang membentang dari timur ke barat sepanjang batas Amerika (Baca juga: Profil Benua Amerika) mengalami empat musim. Pada musim panas, di siang hari suhunya mencapai 35 derajat Celcius, sedangkan pada musim dingin suhunya mencapai minus 25 derajat celcius. Sebagian besar lahan Kanada juga dihembus angin barat.

Baca juga: Profil Negara Belanda

6. Flora dan Fauna

Di bagian utara Kanada, terdapat tumbuhan tundra. Di daerah inilah hidup binatang pelsa dna rusa kutub. Sementara itu, makin ke selatan hutan berdaun jarum yang merupakan tempat hidup serigala dan beruang kutub.

Di bagian tengah Kanada, terdapat daerah priari, di daerah ini, hidup bison yang mrupakan hewan yang dilindungi oleh pemerintah Kanada karena hampir punah. Dari pantai ke pantai membentang hutan cemara sejauh 1.000 – 1.600 km.

7. Keadaan penduduk

Kanada terdiri dari penduduk asli yang terbagi pada beberapa kelompok. Kelompok penduduk asli Kanada tersebut meliputi : Orang India di Amerika Utara, orang Mestizo, dan orang Inut yang kemudian disebut orang Eskimo. Pemusatan penduduk asli terdapat di Ontario, tetapi secara berimbang wilayah Northwest Territory (NWT) memiliki jumlah tertinggi, lebih dari 60 persen penduduk.

Penduduk lainnya yang tinggal di Kanada meliputi orang Inggris dan Perancis sebanyak 42 persen. Kelompok-kelompok yang lebih besar adalah orang Jerman, Italia, Ukraina, Belanda, Skandinavia, Polandia, Asia Selatan, Cina, Portugis, dan India Barat.

Penduduk Kanada menggunakan bahasa resmi berupa bahasa Inggris dan Perancis. Sementara itu, bahasa yang digunakan oleh penduduk asli adalah bahasa Ojibway, Inuktitut dan Ojibway.