Fakta dan Opini dalam Teks Iklan

Sahabat informasibelajar.com, kali ini kita akan belajar tentang Bahasa Indonesia. Materi yang akan kita berikan yaitu fakta dan opini dalam teks iklan. Perhatikan baik- baik penjelasan di bawah ini yaa...

Media komunikasi bukan hanya surat kabar atau majalah saja, iklan juga termasuk bagian di dalamnya. Iklan merupakan suatu pemberitahuan pada khalayak umum tentang barang atau jasa yang dijual.

Fakta dan Opini dalam Teks Iklan

Berdasarkan tujuannya, iklan dapat dibedakan menjadi iklan reklame, iklan pengumuman, dan iklan penawaran atau iklan permintaan. Iklan reklame ini biasanya merupakan iklan niaga yang berisi tentang memperkenalkan suatu barang.

Iklan penawaran yaitu iklan niaga yang berisi tentang penawaran atau permintaan pada orang lain agar mau bekerja sama dengan yang memasang iklan.

Iklan pengumuman merupakan suatu iklan non-niaga yang berisi tentang pemberitahuan hal-hal yang berhubungan dengan urusan dan kepentingan masyarakat luar.

Jika diperhatikan dengan cermat, dalam iklan pasti akan dijumpai fakta dan opini. Di mana fakta merupakan suatu peristiwa yang benar-benar terjadi dan kebenarannya dapat dibuktikan.

Sedangkan opini adalah pendapat seseorang tentang suatu hal di mana kebenarannya belum dapat dibuktikan. Fakta dalam iklan meliputi identitas produk, kegunaan, komposisi, dan sarana penggunaan.

Sedangkan opini dalam iklan, pada umumnya digunakan untuk menarik minat seorang pembeli. Meskipun demikian, opini tidak boleh diberikan jika dilakukan dengan melebih-lebihkan produk. Justru penggunakan bahasa yang persuasif, penting dalam opini di iklan.

Demikian pemaparan tentang fakta dan opini dalam iklan. Selamat belajar sahabat.

Daftar Pustaka
Supriatna, A. 2007. Bahasa Indonesia: Buku Pelajaran untuk Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar 2006. Bandung: Grafindo.
Fatin, I dan Camalia, M. 2015. Big Book Bahasa Indonesia SMP Kelas 1,2, dan 3. Jakarta: Cmedia.