Kerajaan Kutai

Sahabat informasibelajar.com sebelumnya telah dijelaskan tentang kerajaan Mataram Kuno. Di mana pada zaman Dinasti Syailendra telah mewariskan peninggalan seni arsitektur yang sangat indah, antara lain Candi Borobudur, Candi Kalasan, Candi Mendut, Candi Pawon,Candi Sari, dan Candi Sambi Sari.


Kali ini informasibelajar.com akan membahas tentang Kerajaan Kutai. Kerajaan yang terletak di Kalimantan Timur ini, namanya disesuaikan dengan nama tempat ditemukannya prasasti di daerah Kutai yang berupa tiang batu atau Yupa.

Terdapat tujuh Yupa yang ditemukan di sana dan huruf yang digunakan yaitu huruf Pallawa dan berbahasa Sansekerta. Yupa ini berasal dari abad ke 4 M. Ada satu Yupa yang dikeluarkan atas perintah Mulawarman.

Di mana salah satu Yupa memuat silsilah keluarga Mulawarman, dan kakeknya memiliki seorang putra bernama Aswawarman. Aswawarman memiliki tiga putra dan Mulawarman salah satunya.

Dari segi kehidupan sosial, terdapat golongan masyarakat di Kerajaan Kutai yang menguasai bahasa Sansekerta dan mampu menulis huruf Pallawa, antara lain Brahmana dan Ksatria yang terdiri dari kerabat raja Mulawarman. Penduduk di Kerajaan Kutai masih memegang teguh kepercayaan asli leluhur mereka.

Dari segi kehidupan politik, pada masa pemerintahan Mulawarman mampu menciptakan stabilitas politik. Bahkan salah satu isi Yupa menyebutkan Mulawarman sebagai raja yang bijaksana, kuat, dan berkuasa.

Dari segi kehidupan ekonomi, mata pencaharian pendidikan yaitu beternak sapi. Mata pencaharian tersebut sekaligus sebagai mata pencaharian utama. Mata pencaharian yang lain yaitu bercocok tanam dan berdagang.

Perdagangan pada masa kerajaan Kutai telah memanfaatkan jalur lalu lintas melalui sungai Mahakam. Kerajaan ini diperkirakan telah menjalin hubungan perdagangan internasional dengan India, Filipina, dan Cina.

Dari segi kebudayaan, Yupa merupakan variasi menhir dan sebagai kelanjutan dari kebudayaan Megalithikum yang berbentuk tugu persembahan. Bahkan, salah satu Yupa menyebut kata Vaprakecvara merupakan tempat pemujaan Dewa Syiwa.

Demikian penjelasan tentang Kerajaan Kutai. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam memahami tentang kerajaan Kutai. Selamat belajar sahabat informasibelajar.com.

referensi:
Angkasa, I.K.T. Tanpa Tahun. Sejarah untuk SMA/MA Kelas XI IPS. Jakarta: Grasindo.