Pengertian Tumbuhan Hijau

Dalam kehidupan kita sudah tidak asing lagi dengan yang dinamakan tumbuhan. Tumbuhan yang dapat kita jumpai di sekitar lingkungan. Lalu apa yang yang dimaksud dengan tumbuhan hijau?


Pengertian tumbuhan hijau

Tumbuhan hijau merupakan suatu tumbuhan  yang memiliki klorofil. Klorofil berasal dari dua kata, yaitu kloro dan fill. Kloro merupakan hijau dan fill merupakan daun. Jadi klorofil merupakan hijau daun.

Walaupun klorofil merupakan hijau daun, namun bukan berarti hanya tumbuhan yang mempunyai daun berwarna hijau yang memiliki klorofil. Daun yang berwarna merah atau kuning juga mengandung klorofil. Bahkan, pada batang tumbuhan juga terdapat klorofil.

Klorofil berfungsi untuk menyerap energi sinar matahari yang kemudian digunakan untuk proses pembuatan makanan atau proses fotosintesis. Fotosintesis merupakan proses tumbuhan hijau dalam membuat makanan.

Makhluk hidup sangat bergantung pada tumbuhan hijau. Hal tersebut disebabkan tumbuhan hijau sebagai sumber makanan bagi manusia, tumbuhan hijau sebagai sumber makanan bagi hewan, dan tumbuhan hijau sebagai sumber energi bagi makhluk hidup.

Hanya tumbuhan hijau yang dapat membuat makanan sendiri dengan menggunakan bahan, seperti air, cahaya matahari, dan unsur hara. Manusia dan hewan tidak dapat membuat makanan sendiri dari bahan – bahan tersebut.

Manusia dan hewan hanya dapat memanfaatkan bagian – bagian tumbuhan sebagai sumber makanan. Selain sebagai sumber makanan, tumbuhan hijau juga menyediakan oksigen untuk pernapasan makhluk hidup. Hal tersebut disebabkan manusia dan hewan tidak dapat hidup, tanpa adanya oksigen.

Baca juga: Mengenal Manfaat dan Kerugian Virus bagi Kehidupan


Manfaat – manfaat yang diperoleh dari tumbuhan

Adapun manfaat – manfaat lain yang diperoleh dari tumbuhan, yaitu sebagai berikut.
1. Mencegah akan adanya bahaya banjir dan longsor.
2. Menjadi tempat hidup bagi makhluk hidup lain, seperti burung dan serangga.
3. Menghasilkan kayu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan hidup manusia.
4. Sebagai bahan baku industri, antara lain, kertas, obat – obatan, kosmetik, dan tekstil.
5. Menjadikan lingkungan asri, teduh, dan tidak gersang.


Demikian, ulasan tentang tumbuhan hijau yang bermanfaat bagi kehidupan manusia dan hewan. Selamat belajar.

sumber:
Tim Bina IPA. 2015. IPA 5 SD Kelas V. Jakarta: Yudhistira.