Contoh Surat Pesanan


Surat pesanan adalah jenis surat yang dikirim oleh pembeli untuk penjual, yang berguna untuk membuat suatu pesanan atau kesepakatan pembelian.

Surat pesanan ini dapat dikirimkan sebagai jawaban dari adanya surat penawaran yang telah diterima, dan bisa juga atas kehendak sendiri. Selain itu, dapat juga surat pesanan ini dibuat karena iklan dalam suatu surat kabar maupun majalah.

Cara menyusun surat pesanan

Cara membuat surat pesanan harus berpegang pada prinsip tulisan yang jelas dan singkat sehingga penerima surat atau penjual tidak ragu – ragu dalam menangkap maksud pembeli atau pesanannya tersebut.

Isi surat pesanan harus disebutkan secara jelas, setidaknya meliputi :

1. Jenis barang
2. Kualitas barang
3. Kuantitas barang
4. Harga dan cara pembayaran
5. Cara pengiriman
6. Syarat penyerahan bila diperlukan, dan kemungkinan – kemungkinan lain jika ada kondisi di mana barang yang dimaksud kebetulan tidak ada.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat pesanan yakni :

1. Nyatakan dengan tegas, alasan melakukan pesanan.
2. Terangkan dengan sejelas – jelasnya barang apa saja yang dikehendaki secara rinci. Mulai dari kualitas, jumlah, warna, ukuran, dan hal lain yang berkaitan dengan produk.
3. Sebutkan (jika dikehendaki) cara pengiriman yang diinginkan, misalnya via pos, kereta api, kapal laut dan sebagainya.
4. Sebutkan cara pembayaran yang dikehendaki.
5. Akhiri surat pesanan dengan kata – kata yang mengandung harapan. Misal harapan agar barang – barang dapat diterima tepat waktu dan dalam keadaan yang baik dan sebagainya.

Baca juga: Mengenal Aneka Bentuk Lipatan Surat dan Model Sampul Surat

Contoh surat pesanan


TOKO BANYU BENING
Jalan Durian Raya I No 88, Purwokerto
----------------------------------------------------------------------------
No       : 99/ P/ 2016                                                    11 Februari 2016
Lamp   : -
Hal      : Pesanan Sabun Cuci dan Pewangi Pakaian

CV RAJA CASSANOVA  
Jalan Mawar Utara 77
Semarang

Dengan Hormat,
Surat Saudara tanggal 17 Januari 2016 no. 12/ PP/ I/2016, beserta satu paket contoh sabun cuci dan pewangi pakaian telah kami terima. Kami ucapkan terima kasih atas kiriman tersebut.

Setelah kami coba, ternyata kualitas sabun cuci dan juga pewangi pakaian cap Cassanova cukup baik. Bila dilihat dari segi harga, harga produk Saudara juga sedikit lebih murah bila dibandingkan dengan sabun cuci dan pewangi pakaian merek lain yang sejenis. Oleh karena itu, untuk pesanan percobaan kami harap Saudara mengirimkan 5 peti sabun cuci dan 5 peti pewangi pakaian.

Sesuai dengan surat penawaran Saudara, semua ongkos kirim menjadi tanggungan Saudara. Rabat 10 % akan kami ambil langsung dari jumlah pembayaran, yang akan kami lakukan dengan perantaraan Bank Negara Indonesia 1946, segera setelah kami menerima kiriman Saudara.

Kami harap barang – barang tersebut dapat kami terima sebelum bulan Februari 2016 berakhir.

Hormat kami,
Toko Banyu Bening

Ttd


Sayuti Arga Diwana