Mengenal Lebih Lanjut Profil Negara Jepang

Kenalan dengan Negeri Matahari Terbit


Jepang adalah negara kepulauan seperti Indonesia. Jepang terletak di timur laut Benua Asia dan barat laut Samudera Pasifik. Secara internasional Jepang dikenal dengan nama Japan. Namun, orang Jepang sendiri menamakan negaranya dengan nama Nippon.

Negara Jepang juga terkenal dengan sebutan, negeri Sakura. Tentunya hal ini karena, di Jepang banyak sekali pohon sakura. Sama halnya seperti di Belanda yang terkenal dengan negeri kincir angin.

Hingga saat ini Jepang masih memiliki peran penting dalam perkembangan industri modern di Asia, bahkan dunia. Ibu kota Jepang adalah Tokyo. Dimana, kota tersebut juga merupakan kota terbesar dan terpadat di Jepang.

Negara Jepang

Letak dan Luas Wilayah Jepang

Secara astronomis Jepang terletak di antara 30oLU – 47oLU dan 128oBT – 146oBT. Jepang terletak di kawasan Asia Timur yang terpisah dari daratan Asia jika dilihat secara geografis.

Jepang memiliki luas 370.370 km2. Dimana, wilayah tersebut membentang dari utara ke selatan kurang lebih 2.400 km. Negara ini memiliki 4 pulau utama, yaitu Pulau Hokkaido (Yesso) luasnya 78.037 km2, Pulau Honshu (Hondo), Pulau Shikoku, dan Pulau Kyushu (36.554 km2).

Honshu adalah pulau terbesar di Jepang. Luasnya mencapai 227.414 km2 dan memiliki penduduk paling padat. Selain 4 pulau utama tersebut masih terdapat lebih dari 3.900 pulau lainnya.

Batas Wilayah Jepang

Sebelah utara berbatasan dengan Laut Okhotsk.
Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Cina Timur dan juga Laut Filipina.
Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Pasifik.
Sebelah barat berbatasan dengan Laut Jepang dan juga Selat Korea.

Bentang Alam Jepang

Pada umumnya Jepang terdiri dari daerah yang bergunung gunung. Dengan puncak tertinggi di Gunung Fuji atau Fujiyama (3.778 m). Gunung ini dianggap keramat oleh Masyarakat Jepang. Juga dijadikan sebagai lambang negara Matahari Terbit.

Pegunungan yang ada di Jepang adalah kelanjutan dari rangkaian jalur pegunungan Sirkum Pasifik. Jepang juga memiliki lebih dari 200 gunung api dan 77 buah di antaranya masih aktif. Hal tersebut membuat letusan gunung api dan juga gempa bumi biasa terjadi disana.

Sekitar 16% dari daratan Jepang adalah dataran rendah yang bisa ditanami. Pada umumnya dataran rendah tersebut terdapat di pantai dan terpisah oleh pegunungan. Terdapat pula tiga dataran rendah yang luas dibagian timur Pulau Honshu. Dataran tersebut antara lain, dataran rendah Kwanto, Kinki, dan Nobi.

Wilayah Jepang merupakan wilayah kepulauan dan juga memiliki banyak gunung. Hal tersebut membuat sungai Jepang pendek pendek dan alirannya deras, sehingga sangat cocok untuk pembangkit tenaga listrik dan irigasi.

Pantai di Jepang punya banyak teluk sehingga sangat baik untuk pelabuhan alam. Danau di Jepang umumnya berukuran kecil, sedangakan danau yang terbesarnya adalah Danau Biwa di dekat Kyoto.

Iklim Jepang

Jepang memiliki iklim muson laut sedang. Hal tersebut karena, Jepang terletak antara 30oLU – 47oLU maka iklim Jepang bagian selatan berlainan dengan iklim bagian utara. Bagian uatara musim dingin bersalju, sedangkan musim panas nya pendek. Curah hujannya juga sedang sampai lebat.

Pada bulan Desember hingga Januari terjadi musim dingin di bagian selatan, sedangkan di bagian utara tertutup salju. Bulan Juni hingga Juli saat musim panas bertiup angin muson tenggara seingga Jepang bagian utara terasa sejuk, sedangkan bagian selatannya panas.

Angka curah hujan yakni rata rata 1.524 mm/tahun. Suhu udara tahunan rata rata 8oC di utara dan 17oC di selatan. Jepang juga sering dilanda angin taifun, sejenis badai tropis yang terjadi pada bulan September. Angin itu juga bertiup dari samudera pasifik melintasi bagian tenggara pulau Honshu, Shikoku, dan Kyushu disertai juga gelombang pasang (tsunami) sehingga dapat membahayakan kehidupan penduduk wilayah tersebut.

Sekitar 60% daratan Jepang terdiri dari hutan. Sesuai dengan iklimnya tumbuhan alami Jepang bagian selatan adalah hutan musim, bagian tengah berupa hutan campuran, dan bagian utara berupa hutan cemara.

Bentuk Negara Jepang


Jepang merupakan negara kekaisaran yag mengaut sistem parlementer. Kepala negaranya bergelar kaisar atau tenno. Sedangkan, kaisar sendiri tidak memegang pemerintahan, tetapi pemerintahannya dipegang oleh perdana menteri. Dalam kepercayaan bangsa Jepang, kaisar merupaka keturunan Dewa Matahari (Dewa Amaterasu Omikami). Kekuasaan Jepang sendiri merupakan yang paling tua di dunia. Dinasti yang memerintah tak berganti sejak 1.500 tahun silam.