Tentang Benua Afrika (Profil Lengkap dari Batas Negara sampai Fauna Afrika)

Mengenal Profil Lengkap Benua Afrika


Benua Afrika adalah benua yang dapat dikatakan sangat menarik dan eksotis. Bagaimana tidak, benua ini memiliki banyak sekali daya tarik, terutama dari alamnya. Alam afrika yang masih alami dan begitu luas menyimpan kekayaan flora dan fauna yang spesial.

Yang sering dikatakan paling spesial tentang benua Afrika ini adalah faunanya. Fauna Afrika banyak yang tersebar dengan bebas di alam. Karenanya, tak heran kalau banyak pecinta fauna yang datang ke Afrika untuk mengagumi langsung bagaimana fauna atau satwa Afrika ini hidup di alam bebas.

Berbicara tentang Afrika, tentu tak hanya fauna saja yang menarik. Untuk mengetahui lebih jauh tentang benua Afrika, mari kita simak profil atau deskripsi lengkap dari benua ini.

Profil Lengkap dari Batas Negara sampai Fauna Afrika

Letak Astronomis Benua Afrika
Secara astronomis benua afrika terletak pada 38oLU – 35oLS dan 17oBB – 51oBT.

Batas Batas Benua Afrika
Secara geografis, Benua Afrika diapit oleh Samudera Hindia dan Samudera Atlantik. Selain itu, batas-batas wilayah Benua Afrika di secara lebih detail yakni :
v  Sebelah utara berbatasan dengan Laut Tengah
v  Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dan Samudera Atlantik
v  Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Atlantik
v  Sebelah timur berbatasan dengan Laut Merah dan Samudera Hindia

Luas Wilayah Benua Afrika
Benua Afrika mempunyai luas wilayah yang cukup besar, yakn mencapai ± 30,3 juta km2.

Bentang Alam Benua Afrika
Daratan Afrika terdiri atas wilayah geografis yang beragam. Terdapat deretan pegunungan tinggi, daerah gurun, lembah, dan daerah depresi. Umumnya, pegunungan yang terdapat di bagian selatan dan bagian timur Afrika lebih tinggi daripada pegunungan di bagian utara dan bagian barat.

Gunung tertinggi di Benua Afrika adalah gunung Kilimanjaro dengan ketinggian 6.010 m. Gunung Kilimanjaro ini terletak di Tanzania. Ada pula Gunung Tertinggi kedua di Afrika yakni Gunung Kenya setinggi 5.117 m yang berlokasi di Kenya. Kedua gunung tertinggi di Afrika ini terletak di Afrika Timur.

Di Afrika bagian utara terdapat gurun yang terluas di dunia. Gurun terluas di afrika sekaligus di dunia ini adalah Gurun Sahara. Gurun di Afrika yang lain adalah gurun Kalahari yang terletak di Bagian Selatan, Gurun Arab, Gurun Nubia, dan Gurun Libya.

Sungai sungai yang terdapat di Benua Afrika juga membentang sangat panjang. Sungai terpanjang di Afrika adalah Sungai Nil dengan panjang mencapai 6.690 km. Sungai Nil ini juga merupakan sungai terpanjang di dunia.

Sungai lain yang ada di Benua Afrika adalah sungai Niger (4.180 km), sungai Zambesi (2.575 km), dan sungai Kongo (4.700 km). Afrika juga memiliki cukup banyak terdapat danau yang berkuran sangat luas. Danau terbesar di benua Afrika yakni danau Victoria dengan luas mencapai 69.753 km2.

Selain Danau Victoria, ada juga danau Tanganyika (32.000 km2), danau Malawi (23.500 km2), dan danau chad (16.380 km2).


Iklim
Afrika memiliki beberapa macam iklim. Secara umum iklim di Afrika dapat dibedakan berdasarkan pada lokasinya di beberapa daerah, seperti berikut ini :
1.      Daerah beriklim tropis meliputi Afrika Tengah sekitar khatulistiwa.
2.      Daerah beriklim Subtropics terdapat di ujung selatan benua dan bagian utara benua (sekitar pantai Laut Tengah).
3.      Daerah beriklim darat atau iklim gurun terdapat di Afrika Utara bagian tengah yang merupakan daerah bayangan hujan.

Angin muson barat daya yang bertiup pada bulan Mei – Oktober banyak menurunkan hujan di daerah sepanjang Teluk Guinea. Karenanya, curah hujan di Afrika mencapai 4.000mm/ tahun.

Angin pasat tenggara yang membawa uap air dari Samudera Hindia hanya menurunkan hujan di daerah pantai tenggara Afrika sehingga daerah ini beriklim tropis basah dan hujan terjadi sepanjang tahun.

Sementara di daerah sekitar khatulistiwa pada umumnya beriklim tropis dengan hujan turun sepanjang tahun.

Flora dan Fauna Afrika
Tumbuh – tumbuhan di Afrika dapat dikelompokan menjadi tumbuhan dataran tinggi, hutan hujan tropis, dan padang rumput (berupa stepa dan sabana). Beberapa jenis tumbuhan khas yang ada di Afrika antara lain papyrus, akasia, kurma, keluarga uphorbiacea, sidar hutan, dan sebagainya.

Jenis fauna yang terdapat di Afrika pun beragam. Fauna Afrika yang cukup populer antara lain gajah, jerapah, kera ekor panjang, burung kasuari, dan hyena, okapi, zebra, badak bercula, trenggiling, binatang bersisik, sebagainya.


Ada pula jenis binatang air menarik yang ada di benua Afrika yakni, longvis (ikan bersirip serabut) kulakan; ikan gabus, kura – kura, dan sebagainya.