Mengenal Profil Negara Inggris

Profil Lengkap Negara Inggris


Siapa yang tak kenal dengan nama Inggris? Inggris dapat dikatakan sebagai salah satu negara paling populer di dunia. Negara yang tergolong sebagai negara maju ini adalah adalah pelopor revolusi industri. Selain itu, bahasanya pun berkembang pesat menjadi bahasa internasional yang banyak dipelajari di seluruh dunia.

Nah, agar kamu tak hanya mengenal bahasa Inggris saja, kamu juga perlu mengetahui profil negara Inggris sebagai referensi tambahan. Berikut ulasan mengenai profil lengkap negara Inggris sebagai informasi kamu.

Letak dan luas wilayah Inggris
Inggris juga sering disebut sebagai United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland (Britania raya dan Irlandia utara). Ibu kota negara Inggris terletak di kota London. Negara ini terletak di wilayah paparan benua (continental shelf) barat laut Eropa.

Inggris merupakan negara yang berbentuk kepulauan dan terdiri atas wilayah England, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara, serta ditambah beberapa kepulauan lain, seperti kepulauan Kanal, kepulauan Orkney, kepulauan Shetland, dan kepulauan Hebrides.

Jarak dari ujung utara ke ujung selatan Inggris sejauh 965 km dan jarak dari timur ke barat sejauh 515 km. Letak daratan Inggris terbilang sangat menguntungkan karena terletak pada jalan lintas laut antara pedalaman Eropa dan dunia baru sehingga wilayah Inggris merupakan pos terdepan daratan Eropa. Karena kondisi inilah, penduduk Inggris mendapat kesempatan paling awal untuk dapat mengembangkan usaha kelautannya.

Luas wilayah Inggris dan Irlandia Utara adalah 318.872 km2. Kedudukan Inggris dengan benua Eropa dipisahkan oleh selat Dover sejauh 31 km. Secara astronomis wilayah Inggris terletak antara 50o LU – 61o LU dan 2o BT – 10o BB.

Batas wilayah Inggris
Wilayah negara Inggris merupakan bentuk negara maritim 100% yang terletak di pinggir timur Samudra Atlantik. Inggris memiliki batas – batasnya sebagai berikut:
·         Sebelah utara berbatasan dengan Samudera Atlantik
·         Sebelah selatan dengan Selat Inggris
·         Sebelah timur dengan Laut Utara
·         Sebelah barat dengan samudera atlantik

Bentang alam Inggris
Berdasarkan relief dan keadaan batuannya, wilayah bentang alam di Inggris dapat dibedakan ke dalam tiga bagian yakni : kawasan bergunung-gunung di bagian barat dan utara, Irlandia Utara dan dataran rendah.

Kawasan bergunung gunung dibagian barat dan utara melingkupi wilayah di dataran tinggi utara (Northern Highland). Di wilayah tersebut terdapat puncak Gunung Ben Nevis (1343 m) dan gunung Merrick (843 m).

Di dataran rendah tengah (Central Lowland) melingkupi lembah Sungai Clyde, teluk Forth, dan teluk Tay. Daerah Wales merupakan kawasan yang menjorok ke arah barat dan didominasi oleh pegunungan Cambrian dengan puncaknya yang berada di gunung Snowdon (1085 m). Wales Selatan didominasi oleh plato yang memuncak di taman nasional gunung Brecon Beacons (886 m).

Irlandia Utara berhubungan dengan daerah pegunungan barat Inggris, tetapi danau Neagh dan dataran rendah di sekelilingnya menempati posisi sentral dan merupakan sebuah cekungan di daerah plato basalt.

Dataran rendah yang bergelombang di Inggris berada di bagian timur dan selatan. Pada daerah ini mengalir sungai Thames dan terdapat kota London beserta kota – kota lainnya. Saat ini, sebanyak lima belas jembatan melintasi sungai Thames.

Jembatan-jembatan yang melintasi sungai Thames tersebut diantaranya adalah jembatan Wesminstar, Menara Waterloo, Dan Jembatan Kew. Namun, yang paling menonjol adalah jembatan London karena jemabatan ini menopang arus lalu – lintas yang lalu lalang di atas sungai Thames, di jantung perdagangan kota London.
Mengenal Profil Negara Inggris

Iklim
Wilayah Inggris memiliki laut yang sejuk dan basah. Walaupun tidak begitu luas, terjadi variasi iklim yang disebabkan oleh relief dan posisi daratan terhadap laut. Daerah pesisir barat lebih sejuk dan basah, misalnya Skotlandia mendapat musim dingin yang sejuk dan basah.

Rata – rata temperature di Inggris berkisar antara 5o C – 6o C. Ketika musim panas suhunya berkisar antara 12o C – 15o C, dengan curah hujan yang cukup tinggi. Daerah England mencapai suhu 16o C -17o C pada musim panas. Pada daerah yang tinggi, seperti di daerah pegunungan dan Irlandia utara, ketika musim dingin terjadi salju yang tipis.

Flora dan fauna
Vegetasi wilayah Inggris sangat sedikit yang masih tertinggal, kecuali rumput – rumputan. Hutan yang ada di Inggris adalah pinus, sedangkan di Skotlandia terdapat hutan ek dan hutan birch. Di Irlandia Utara terdapat rumput, lumut sphagnum, dan semak berduri (gorse).

Glasiasi telah mengancurkan kehidupan fauna di Inggris. Yang tersisa diantaranya adalah beruang dan serigala (sekarang musnah), rusa merah Skotlandia, belibis merah, ular berbisa, dan elang merah (Milvus Ictinus) dari wales.

Kebudayaan
Inggris memiliki kultur budaya yang sangat tua dalam bidang musik dan seni rupa yang berpusat di London. Inggris juga memiliki beberapa museum yang terkenal. Beberapa museum yang terkenal di Inggris tersebut adalah Museum Galeri Nasional dengan lukisan klasiknya, Museum Albert, dan Museum Victoria dengan aneka seni rupa barang yang menarik, serta museum tate dengan seni mutakhirnya.


Di Inggris juga terdapat perpustakaan terbesar di dunia, yaitu The British Library. Selain itu, ada juga Westminster Abbey yang adalah tempat paling suci di Inggris yang terletak di jantung kota London. Tempat ini digunakan sebagai tempat penobatan raja dan ratu Inggris. Di Inggris juga terdapat universitas tertua, yakni Universitas Oxford dan Cambridge.