Mengenal Jenis Jenis L/C


Letter of credit, atau sering disingkat menjadi L/C adalah sebuah cara pembayaran internasional. Cara ini memungkinkan eksportir dapat menerima pembayaran tanpa harus menunggu berita dari luar negeri setelah barang dan berkas dokumen dikirimkan keluar negeri (kepada pemesan).

L/C yang dapat digunakan untuk pembayaran internsional ini memiliki beberapa jenis yang berbeda. Jenis-jenis L/C dapat dibedakan menjadi Revocable L/C, Irrevocable L/C, Irrevocable dan Confirmed L/C, Clean Letter of Credit, Documentary Letter of Credit, Documentary L/C dengan Red Clause, Revolving L/C, Back to Back L/C.

Baca juga: Elemen Elemen Neraca Akuntansi


Berikut adalah penjelasannya mengenai jenis jenis Letter of Credit :

Jenis - jenis L/C

Revocable L/C
Revocable L/C adalah L/C yang sewaktu-waktu dapat dibatalkan atau diubah secara sepihak oleh opener atau oleh issuing bank tanpa memerlukan persetujuan dari beneficiary atau pihak bank penerima.

Irrevocable L/C
Irrevocable L/C adalah L/C yang tidak dapat dibatalkan selama jangka berlaku (validity) seperti yang telah ditentukan di dalam L/C tersebut, karenanya opening bank tetap menjamin untuk menerima wesel-wesel yang ditarik atas L/C tersebut. Pembatalan atas L/C jenis ini memang masih mungkin dilakukan, tetapi harus atas persetujuan semua pihak yang bersangkutan dengan L/C tersebut.

Irrevocable dan Confirmed L/C
Irrevocable dan Confirmed L/C ini diangggap sebagai yang paling sempurna dan paling aman dari sudut penerima L/C (beneficiary). Hal ini karena pembayaran atau pelunasan wesel yang ditarik atas L/C ini dijamin sepenuhnya oleh opening bank maupun oleh advising bank, apabila segala syarat-syarat dipenuhi, serta tidak mudah dibatalkan karena sifatnya yang irrevocable.

Clean Letter of Credit
Dalam Clean Letter of Credit ini tidak dicantumkan syarat-syarat lain untuk penarikan suatu wesel. Dalam artian, tidak diperlukan dokumen-dokumen lainnya, bahkan pengambilan uang dari kredit yang tersedia dapat dilakukan dengan penyerahan kuitansi biasa.

Documentary Letter of Credit
Bila yang digunakan adalah Documentary Letter of Credit, maka penarikan uang atau kredit yang tersedia harus dilengkapi dengan dokumen-dokumen lain sebagaimana disebut dalam syarat-syarat dari L/C.

Documentary L/C dengan Red Clause
Dengan menggunakan jenis Documentary L/C dengan Red Clause ini, penerima L/C (beneficiary) diberi hak untuk menarik sebagian dari jumlah L/C yang tersedia dengan penyerahan kuitansi biasa atau dengan penarikan wesel tanpa memerlukan dokumen lainnya, sedangkan sisanya dilaksanakan seperti dalam hal documentary L/C. L/C ini merupakan kombinasi open L/C dengan documentary L/C.

Revolving L/C
Revolving L/C memungkinkan kredit yang tersedia digunakan ulang tanpa harus mengadakan perubahan syarat khusus pada L/C tersebut. Misalnya saja, untuk jangka waktu enam bulan, kredit yang tersedia setiap bulannya sebesar US$ 1.200, artinya secara otomatis setiap bulan (selama enam bulan) kredit yang tersedia sebesar US$ 1.200, tidak peduli apakah jumlah itu digunakan atau tidak.

Back to Back L/C
Dalam Back to Back L/C, penerima (beneficiary) umumnya bukanlah si pemilik barang, melainkan hanya perantara. Oleh karena itu, penerima L/C ini terpaksa meminta bantuan banknya agar dapat membuka L/C untuk pemilik barang-barang yang sebenarnya dengan menjaminkan L/C yang diterimanya dari luar negeri tersebut.