Profil Negara Belanda

Mengenal Lebih Jauh tentang Negeri Belanda


Tentu kita sudah tidak asing dengan negara kincir angin ini. Negara yang beribukota di Amsterdam ini memiliki nama resmi Koninkrijk der Nederlanden. Selain terkenal dengan sebutan diatas Belanda juga dikenal sebagai negeri bunga tulip, dan negeri seribu tanggul. Diberi julukan seribu tangggul karena Belanda memiliki banyak tanggul raksasa yang fungsinya untuk menahan air laut.

Letak dan Luas Wilayah
Belanda juga disebut dengan Holland. Kata tersebut berasal dari Houtland yang artinya tanah hutan dan Nederland yang artinya tanah rendah. Lebih dari setengah wilayah negera Belanda berada di bawah permukaan air laut atau permukaan air sungai Rijn, sungai Maas, dan sungai Schelde. Negeri Belanda memiliki luas 41.160 Km2. Letak astronomi Belanda antara 50o LU – 53o LU dan 3o BT – 7o BT.

Batas Wilayah
Berikut batas batas wilayah Belanda :
·       Sebelah utara berbatasan dengan Laut Utara
·       Sebelah selatan berbatasan dengan Belgia
·       Sebelah timur berbatasan dengan Jerman
·       Sebelah barat berbatasan dengan Laut Utara

Bentang alam
Secara keseluruhan bentang alam Belanda dapat dibedakan menjadi beberapa bagian.
·       Daerah berada di bawah permukaan air laut pasang menjadi daratan dikarenakan adanya pembangunan tanggul (perisai bukit pasir) dan pompa dengan memanfaatkan kincir angin, pompa bertenaga uap dan mesin diesel. Luas wilayah ini mencapai 300.000 ha.
·       Daerah dengan ketinggian antara 0 hingga 20 meter.
·       Daerah yang memiliki ketinggian antara 20 meter sampai 100 meter terbentuk dari tanah lempung, pasir dan gambut.
·       Daerah plato kapur yang tertutup tanah loss, memiliki ketinggian lebih dari 100 meter. Formasi ini terdapat di perbatasan selatan, timur dan limburg selatan. Gunung Vaalserburg merupakan puncak tertinggi di Belanda yakni 321 meter.

Iklim
Belanda mendapatkan iklim laut yang lunak pada musim dingin dan cukup hangat pada musim panas. Pengaruh arus teluk membuat rata – rata temperatur tahunan setinggi 10o C. bulan Januari merupakan musim dingin dengan suhu rata – rata 0o C – 1o C. Sedangkan bulan Juli adalah musim panas dengan suhu mencapai 19o C. Saat turun salju selama 20 – 30 hari berturut – turut, permukaan air akan tertutup salju. Curah hujan berkisar 655 mm di Ulestraten (Limburg) dan 780 mm di Eelde (Drenthe).

Flora dan fauna
Flora dan fauna hanya sedikit yang tersisa antara rawa gambut di Drenthe dan rawa peel (antara Brabant utara dan Limburg). Daerah pantai ditumbuhi nibung (ammophila) dan rumput kasar. Hutan ek dan birch terdapat di Overijssel, Gelderland, dan Limburg Selatan. Hutan Konifera terdapat di Veluwe.
Fauna Belanda sangat dipengaruhi oleh manusia, seperti misalnya luwak, burung elang, udang sungai, belibis merah, serta berbagai jenis ikan.

Keadaan penduduk
Masyarakat Belanda terdiri dari tiga suku bangsa, yakni bangsa Fries yang berada di bagian barat laut, bangsa Saksis di bagian utara dan timur laut, serta suku bangsa Frankis di bagian selatan. Sementara itu, penduduk negeri Belanda terdiri dari orang Belanda, Turki, Maroko, orang Jerman dan sebagian kecil dari negara lain di sekitarnya.
Penduduk negera Belanda menggunakan bahasa Belanda untuk komunikasinya. Bahasa Belanda ini termasuk dalam keluarga bahasa Jerman dari kelompok indo Eropa. Sementara itu, di wilayah Friesland, Kepulauan Freisland dan di sebagian Groningen menggunakan bahasa Fries.
Dari segi agama, ada beberapa agama utama yang dianut oleh penduduk Belanda, seperti Katolik Roma, Gereja Reformasi Belanda, Gereja Reformasi lain dan agama lain.

Pertambangan
Wilayah Belanda juga memiliki hasil tambang yang bisa diandalkan. Bahan tambang yang dihasilkan di negeri Belanda adalah sebagai berikut :
1.      Gas aam dari Groningen (terbesar di dunia)
2.      Minyak bumi diusahakan di bagian timur laut. Di Rotterdam terdapat kilang minyak dan industri petrokimia.
3.      Batu bara ditambang di daerah Limburg
4.      Deposit garam yang berada di Holland Timur.

Bentuk Negara
Bentuk negara Belanda adalah monarki konstitusional. Belanda dipimpin oleh ratu dari Dinasti Oranye sebagai kepala negaranya. Sementara itu, kekuasaan eksekutif dilaksanakan oleh kabinet. Belanda juga memiliki parlemen yang disebut Staanten General yang terdiri dari Majelis Rendah (Tweede Kamer) dan Majelis Tinggi atau senat (Erste Kamer).